Kamis, 15 Februari 2024

SUKA DUKA SAAT PERDANA NAIK MH MASKAPAI EDISI 2

Saat Travelling Manca Negara ,perjalanan ibadah Haji atau Umroh,pulang kampuang,Holiday di Nusantara  atau apapun yang menggunakan Pesawat pasti punya banyak suka duka di saat suatu perjalanan berlansung.Perjalanan yang lancar aman saja sesuai jadwal on schedule atau ada problem Enginering yang membuat Pesawat batal terbang dan diganti Maskapai yang berbeda.Pesawat yang tidak bisa landing karena kabut tebal di Kota Padang dan harus terbang rendah di awan diatas Laut.Bahkan Pesawat Take off lancar dan habis itu gempa besar terjadi di Kampung Halaman.Pesawat yang delay saat reunian yang membuat Kami kapok naik  Maskapai tersebut.Hmm banyak lagi kisah kisah seru  selama perjalanan.

Nach termasuk saat Travelling kami ke Korea ini kita menggunakan Maskapai MH Maskapai Pemerintah Malaysia dan kita harus transit di Kuala Lumpur dengan jadwal:

20 Dec23

Soeta(CGK) 18.25-KUL (21.34) MH 722

KUL (23.15)-INCHEON (06.30) MH 66

25 Dec 23

ICN 11.05 - KUL  16.45  MH 67

KUL 18.05- CGK 19.05   MH     725

Malaysia Airlines *5 Star Versi Skytrax*.

Kami datang lebih cepat dari waktu yang disepakati group dengan meeting point di depan Sate Senayan Terminal 3 dan kita lansung ketemu TL Rizal dkk yang mengurus Bagasi kami.Bagasi kami 6 pax lansung di collect oleh Team Avenir.Point Plus dari MH Maskapai kita ternyata tidak perlu Check in satu per satu.Hanya diurus dengan team Anvenir dan Bagasi Malaysia Airlines 30 kg plus Koper Cabin 7 kg ( Cukup besar ya).Baru MH yang kami temukan Check in tidak perlu individual hanya group saja sudah ok.

Sementara Cabin 7 kg sengaja kita bawa per orang karena saat di Incheon nanti kita harus ganti Kostum untuk Winter sehingga Pakaian  Winter dan perlengkapannya ada di Koper Cabin.

Gate 4 MH 722 Kami orang Bekasi sholat Ashar dulu di Mushola CGL sementara orang PKU sudah Jamak.Setelah melewati Imigrasi dengan lancar .Boarding Jam 06.05.Seat kami dari 31 A s/d F jadi sederet.

Perjalanan dari CGK ke KUL on time tidak ada kendala.Waktu Jakarta dengan KL beda 1 jam jadi KL lebih cepat 1 jam.

Perjalanan dari CGK ke KUL on time tidak ada kendala di pesawat ada Wifi yang conectt dengan Android sayang not available untuk Iphone.MH 722 menggunakan Boeing 737-800 dengan waktu tempuh 2 jam 5 menit.

Sementara Wifi selama di Korea kita pakai Paket Wifi 1 paket Rp 420 rb max 5 orang .Sehingga kami pesan 2 Wifi sm Avenir.Meal selama di pesawat sesuai dengan cita rasa Indo tidak ada masalah dengan servis meal dan minuman selama di perjalanan.

Alhamdulillah Kami landing dengan lancar dan siap menunggu Gate transit berikutnya.Sambil menunggu Info dari running Text Airport kita Sholat dulu di Musholla KLIA.

Saat menunggu informasi untuk flight berikutnya ternyata Flight kami delay 6 jam.Olala.Hanya informasi delay saja tanpa ada reason yang jelas.Sambil menunggu Kompensasi delay kami.Terlihat kegaduhan di Office International Flight  MH beberapa penumpang dari warga Srilanka protes sambil marah marah karena tertinggal pesawat .Lha kok bisa.Menurut infonya Gate dialihkan untuk Boarding beberapa penumpang sudah pindah Gate tetiba Gate awal tetap Boarding disana dan beberapa Penumpang yang tujuan Colombo tertinggal.Aneh ya..harusnya penumpang tsb ditunggu dan diinformasikan..Parah nich Managementnya...Bukan saja warga Srinlanka tetapi beberapa Bule juga ribut di Office mereka.Sementara flight berikutnya hari itu tidak ada lagi..Ya Allah.

Hebatnya group kami walau delay 6 jam tidak ada  kegaduhan hanya sedikit wajah kecewa saja.Terlihat dari anggota group ini sudah terbiasa travelling dan kondisi "tanpa prediksi"ini sudah biasa terjadi. Luar biasa Group ini.Menerima kondisi dengan positive thinking.

Kami sekeluarga ambil hikmah saja kita enjoy untuk travelling jadi dibawa asik saja.Harus Happy seperti Video Call dengan Abang Naufal dan Pp Hanif.Setelah mendapat Kompensasi dari Delay dengan Voucher Dinner  Airport35 MYR di beberapa Cafe/Resto seperti Burger King,Old Town White Cafe,Starbucks,Hard Rock Cafe,Mc Donalds. serta free Golden Lounge Executive sampai kami terbang berikutnya.

GOLDEN LOUNGE

Setelah mendapat Voucher kami menuju Golden Lounge karena waktu sudah tengah
malam. Kebetulan ada 2 Flight dari Indo yang delay dengan Luas dan Leganya Lounge itu kami bebas memilih kursi yang nyaman untuk istirahat.
Sayangnya Lounge tidak menyediakan makanan di Midnight hanya ada Mineral Water,Snack kacang untuk mengisi waktu rileks.Voucher kemudian ditukarkan oleh Faras dan Anisa karena mereka masih pingin hunting di KLIA yang luas.Order Ayam,French Fries serta Kopi Panas membuat badan terasa hangat dan kenyang.Tidak bisa juga untuk tidur lelap hanya bisa duduk rileks saja.Untung ada selimut yang diberikan beberapa di meja .Gercep untuk mengambil beberapa.

Saya sempat melongok tempat tidur untuk isitrahat yang kemudian diisi oleh pasangan muda group kami yang masih punya Balita.

Kami jam 4 harus siap siap saya dan adik"lebih memilih ganti baju Winter disini karena Toilet dan Kamar mandinya nyaman dan bagus.Tinggal nanti pakai Jacket winter saja saat di Incheon.
D2 :21 Dec 2023

Jam 04.40 pagi kita sudah menuju Gate 34 C flight MH66 .Untuk flight ke Incheon ditempuh 6 jam juga.Beda waktu Incheon lebih cepat 2 jam dari WIB.Estimasi kedatangan Jam 13.05 Waktu Incheon.Subuh kami lakukan di atas pesawat saja biar lebih tenang.
6 Jam flight selama penerbangan KL-Incheon hampir diisi tidur oleh teman teman group.Hanya saat saat snack dan makan datang kami menikmati apa yang disuguhkan.Alhamdulillah cocok di lidah.
Alhamdullilah kami landing di Incheon International Airport Jam 13.05 waktu Incheon.
Setelah Imigrasi dan Saat mengambil Bagasi dari Conveyor 21 untuk MH66.Kita lanjut ke toilet bebersih dan ganti Jacket Winter.
Anyheong Haseo..Akhirnya Seoul .We are coming.

Sambil menunggu anggota lengkap kkita sudah ketemu dengan Local Guide 'Jack Lee".

Dengan delay 6 jam flight kami ber
imbas dengan destinasi kami di hari ke-2 ini.Tetapi berkat pengalaman TL Localnya membuat semua destinasi bisa kami datangi.Hanya skip 1 destinasi saja yang tidak kami kunjungi.Luar biasa.Walau ini kesalahan MH tetapi tetap berimbas dengan itinerary kami yang sempit di Korea.
Nach saat kepulangan kami ke Jakarta kita punya Problem yang berbeda.
D6: 25 Dec2023
Hari ini pas Natal(tgl 25 Des) kami akan kembali ke tanah air.
Salju turun makin tebal di Seoul waktu sementara Flight Kita ICheon-KUL Jam 10.25 Waktu Seoul.

Semua proses drop bagasi,urus Tax Refund  dll semua beres  dengan indivudual check in dan ontime sampai kami masuk ke Pesawat MH 0067.Dari jendela pesawat terlihat Salju makin tebal turun di Seoul.Sampai memenuhi Badan dan Sayap Pesawat.Akhirnya Pesawat harus delay 1jam  untuk proses menyiram badan dan sayap Pesawat agar Salju cair dan bersih untuk Layak terbang.

Perjalanan menuju Kul lancar dan kami landing di KL dengan lancar dan pastinya delay 1 jam .

Pesawat kami KUl-CGK harusnya Schedule MH 725cJam 6.05 PM sampai CGK 7.05 PM diganti menjadi MH 0727 KUK-CGK Jam 21.20.
Tanpa alasan yang detail kami kembali delay untuk flight KUL-CKG dengan kompensasi Voucher Dinner 35 MYR.Baik berangkat maupun pulang MH selalu Delay dengan alasan yang tidak jelas.
Akhirnya tanpa merusak suasanan kita kembali menikmati Waktu delay kembali di KLIA Aiport

Akhirnya kami menikmati jadwal jadwal delay dari Maskapai Pernerbangan Pemerintah Maaysia MH baik berangkat ataupun pulang.Wajar ada sloganÄda Barang Ada Harga"..Tapi Harga kita end Year sudah cukup Pricey lho tapi diberi rezeki aja harus menikmati pelayanan dan servis MH ini.
Dibilang kapok pasti iya..Tapi dibilang tidak kapok tergantung  jadwal Travel kita harus kemana dengan Waktu Liburnya Peak Season atau bukan.Semua perjalanan itu ada memorynya baik yang indah atau yang kurang enak.Kita nikmati saja .

Senin, 29 Januari 2024

REZEKI TANPA TERDUGA TRAVELLING KE KOREA BERSAMA FAMILY TERCINTA KOREA(1)

Saat saya pulang dari Turkiye medio September 2023 dengan Naufal.Saya ditelpon adik no 5 Bunda Dewi yang pingin jalan jalan ke luar dan minta ditemani seperti Singapura atau Malaysia karena sudah Jenuh dengan rutinitas di rumah.Apalagi Dr Titi adik no 7 yang secara rutin harus ke Puskesmas dan menjadi mentor juga buat Nakes Riau.Cukup sibuk dan butuh jalan untuk travelling.Ide berkembang mengajak Om Icon bila kita jalan adik kk b4 seru pastinya ada cowoknya.Ya khan.Setelah diskusi antar adik kk(Kel Hamka30)kami ingin jalan ke Negara yang dekat saja seperti SA,Malay atau Thailand.Kita sudah niat untuk 4-5 hari menikmati negara tetangga dulu.Sayang Kk Nied tidak bisa ikut karena Nov beliau mau Umroh Plus Turkiye dengan Da Karib jadi tidak mungkin cuti lagi untuk travelling keluarga.Akhirnya kami sepakat 4 orang Saya, Bunda Dewi,Dr Titi dan Om Icon.

Kami sudah diskusi untuk travelling saat Liburan sekolah yang kira kira Saat Natal -Tahun Baru baru bisa karena tidak mungkin meninggalkan Hafiz dan Raihan sendiri di rumah PKU.Karena yang lain kakak dan Papanya tidak berada di PKU kuliah di kota kota yang berbeda Jakarta,Pdg ,Medan.

Dari ide untuk ke Singapura,Malaysia kemudian berkembang ke Thailand saja menikmati Thailand dengan destinasi terbarunya.Tetapi kemudian Pp Hanif punya ide kenapa tidak ke Korea saja secara banyak penikmat K-Pop dan banyak dapat destinasi Sementara Ibuk Ibuknya Travelling ke Korea Hafiz Raihan tinggal di Bekasi untuk main PS  dengan Kakaknya.Benar juga kita Traveling sementara mereka tetap liburan ke Jakarta.

Setelah semua setuju Destinasi dari ASEAN dialihkan ke Korea saat Natal.Berarti saat Winter Musim dingin apa iya pada bisa menikmati liburan musim dingin.Secara belum pernah ke negara yang ada Musim dinginnya.Karena kita diatur Waktu harus Libur Sekolah berarti harus menerima konsekwensi Musim Dingin Jika ke Korean,Lebih Mahal daripada Regular Session karena ini Peak Season dan harus mencari Travel yang cocok dengan jadwal yang kita sepakati.

Destinasi akhirnya sepakat Ke Korea tetiba Pp Hanif menawarkan ajak saja Anisa yang memang suka Drama Korea seperti Tt Titi.Tapi Pasti Anisa gak mau jalan tanpa Faras akhirnya Faras Anisa jadi ikut.Hitung hitung untuk pengganti mereka yang batal ke Turkiye kemaren.Kami jadinya 6 orang ikut ke Korea Week-3 Dec23.

Hanif dan Naufal lansung gercep untuk mencari Travel Group yang pas waaktu nya ke Korea.Setelah memilih sekitar 9-10 group travel.Kami menemukan sebuah Group Travel yang baru saya dan Naufal kenal" Ävenir Tour& Travel yang salah satu Cabangnya berada di Ruko Emerald Sumarecon Bekasi.Mumpung dekat setelah kita tau masih ada seat 6 orang di tgl 20 Dec23 kami memutuskan untuk mampir ke Office mereka biar lebih yakin Travelnya cukup terpercaya.Walaupun kami sudah mempelajari IG mereka dan group"yang sudah jalan ke beberapa Negara Asean.

Saya berdua Naufal mampir ke Ruko mereka tgl 25 October23 ketemu Ajeng salah satu TL yang sering membawa Group ke Korea.Banyak info yang kami dapatkan dari Ajeng untuk kami yakin jika pilihan group Travel ini cocok untuk kami keluarga pakai ke Korea.

Korea mempersyaratkan untuk memasuki negaranya kita harus mengurus Visa yang bisa diurus oleh group setelah kami bayar DP  Destinasi Korea Rp 5 jt per orang saat itu juga .

Persyaratan VisA Korea

oPaspor Asli

oFotocopi KTP

oRekening Koran 3 bulan terakhir

oBank Reference

oSurat Keterangan Kerja (Fotocopi SIUP/NIB) untuk yang punya perusahaan.

oSurat Keterangan Sekolah (bagi yang sekolah)

oFotocopi Surat SPT 17121

oFotocopi Akta Lahir,Surat Nikah dan Kartu Keluarga

oSetifikat Vaksin Bahasa Inggris

oSurat Sponsor /Penjamin untuk keluarga (ttd materai)

Note:

*Paspor Asli wajib dikirim

*Pengiriman dokumen Visa group maksimal H-25

*Apply Visa Group H-15(Proses Apply 7-14 hari kerja)

*Penyerahan Paspor asli saat meeting point

Begitu banyaknya syarat syarat yang harus kami urus untuk 6 orang hampir 1 bulan mengurus semua kelengkapan surat surat juga Pasport bagi adik adik yang sudah pada expired.

6D Christmas in Korea 20 Dec 2023 by MH Rp 18,5 jt/pax

Tipping Guide,TL & Driver Rp 950 Rb/org

Visa Group Rp 750 rb/org

Ternyata tidak gampang untuk mengurus Visa Korea begitu detail dan sangat sangat lengkap dan .Dokumen yang sangat detail dan lengkap membuat kami harus bolak balik mengurusnya.Ternyata ini imbas dari akhir akhir ini beberapa peserta ada yang melarikan diri dan stay di Korea tidak balik ke Indo.Sehingga Travel groupnya menjadi Main Problem jika peserta tinggal jadi imigran gelap.Makanya sekarang peserta Travel menjadi sulit dan detail persyaratan untuk masuk ke Korea saat ini.Walah...

Kami melunasi Cost Traveling sebelum Visa keluar dan terbit tgl 20 Nov 1 bulan sebelum kita berangkat.
Penalti Pembatalan Tour (Refund Policy):> 30 hari: DP hangus/29-15 hari:50% dari biaya Tour.14-07 hari : 90% dari Biaya Tour
06-0 hari: 100% dari biaya tour
Bila Visa ditolak oleh Embassy Korea.Walaupun saya pernah ke Korea dan sudah pernah mengurus Visa Korea 2014 saat itu kami pergi dengan Travel Golden Rama.
Yeaaay akhirnya Visa kami keluar untuk 6 orang  anggota keluarga Hamka30 yang joint di Group Winter Korea ini tgl 4 Dec23. 28 peserta group setelah saya cek saya dan Bunda Dewi termasuk peserta Senior di group ini.Hampir kebanyakan Family,Pasangan Muda dan remaja.Wah bakal seru nich bisa joint dengan group anak muda dan Family group.
Sambil menyiapkan pakaian winter,long Jhon ,Hand warmer ,Jacket,sepatu yang cocok dengan winter  .Koper yang kebetulan kami beli di Turki dan ada 2 Koper baru saat Big Sale di Mall Jakarta.
Semua persiapan sudah lengkap.Saat sebelum Travelling ada 1 tugas di NM Community Photography untuk :"Graduation Challenge Community" dengan Thema Masakan Nusantara.Mengambil objek utama :Lontong Sayur Padang dengan mengambil Masakan Nusantara dari Minangkabau.Butuh effort untuk tugas akhir  tahun ini disaat harus mempersiapkan segala keperluan Perlengkapan Winter.Akhirnya tugas selesai sebelum waktu kita berangkat dan waktu adik adik dan keluarga Pekanbaru datang ke Jakarta Tgl 19 Desember 23.
Akhirnya waktu untuk Travelling tiba tgl 20 Dec2023 Rabu  siang kami siap siap menuju Soeta Airport.6peserta dengan masing masing 2 koper total koper 12 koper dengan 6 peserta membuat Hanif dan Naufal harus mengantar kami 2 mobil.
Alhamdulillah akhirnya cita cita penikmat Korea bisa menginjak kaki di Negeri Kimchi ini.Rezeki tanpa diduga apalagi dengan adik adik Keluarga Hamka30 beserta Faras Annisa yang saat Turkiye harus batal.Sangat sangat excited banget apalagi ada titipan pesan Naufal untuk Om dan Tante-tantenya yang perdana ke negeri 4 Musim saat winter lagi.."Saat travelling Winter pasti sangat dingin apalagi dengan prediksi suhu minus 11Ç) tapi bila kita happy excited dan semangat semua kondisi itu akan sirna dengan sendirinya.Semangat Om-Tante...wajib happy...Okay.
Dream Comes True.....Anyeong Haseo..