Halaman

Rabu, 01 Oktober 2014

CULINAIRE  HALAL KOREA BIKIN OVERWEIGHT ....PART 15

Berada di daerah mayoritas Non Muslim dan hampir umumnya restaurant tanpa label “HALAL” membuat kami harus super hati” untuk memilih makanan resto dan juga cemilan” serta jajanan kaki lima di korea.
Walaupun Non Muslim di group kami minoritas tetapi dari awal kita wanti” untuk minta Makanan Halal ke Pihak Travel agar selalu di setiap Resto yang sudah diorder semua anggota Group bisa makan.
Saat pertama menginjak kaki di Seoul kita di bawa ke sebuah Resto Korea yang berada di dekat Gimpo Airport.

1.Menu SHABU- SHABU dengan Daging Sapi Halal tentunya.Berhubung bahasa Korea sulit dan susah di mengerti .Kami tidak bisa menghapali nama resto dan nama masakannya.
Resto sudah di order oleh Danish dengan tatanan makanan ala Traditional dengan makan duduk di bantal dengan posisi meja rendah dan posisi kaki yang menyilang di lantai.Menggunakan lantai kayu parquet menjadi lantainya sejuk  dan nyaman.


Peralatan makan dengan menggunakan sumpit terbuat dari stainless steel dan sendok panjang.Menu set shabu shabu dengan Nasi di mangkuk kecil , Panci rebusan yang terletak di atas pemanas  yang ada di tengah meja ,aneka sayur seperti  Aneka sayur Hijau ,sawi putih,jamur”an ,Mushroom ,labu,kentang,tofu dan  Set slada kol serta tak lupa Kimchi yang selalu tersedia disetiap menu makanan apa saja.Tak lupa irisan daging sapi Wagyu tentunya.Mangkuk” kecil bumbu seperti irisan cabe, kecap dan tentu saja ada Mie Khas Korea.



Menikmati shabu” awal kaki menginjak di Korea dengan udara yang cukup dingin membuat badan segar dan perut kenyang pastinya...
2. SAMYETANG..SOP AYAM GINSENG
Berada di Jeju Island kami mampir di sebuah Resto dengan Menu Samyetang..Sop Ayam pakai Ginseng. Dimakan  makanan ini makakan sehat yang terbuat dari ayam, dan ada beras ketan ,buah berangan serta buah ginkgo yang kemudian direbus dalam kaldu.
Menggunakan Ginseng sejenis tanaman herbal yang banyak dikonsumsi masyarakat Korea untuk kesehatan.Masakan ini menurut Korean Food dapat meredakan rasa leleah, menyembuhkan flu dan batuk.



Sup ayam ginseng dengan ayam muda  utuh dengan isi beras ketan. Ginseng ,bawang putih dan jahe..Rasanya seger, membuat badan panas dan bugar.
Berhubung tiap orang dikasi 1 ekor ayam utuh waahh susah bener ngabisinnya..
Tak lupa ada kimchi setiap makan ,diselingi kurma kering serta sejenis kacang kastanye ..
Sedapnya sayang porsinya terllu besar untuk ukuran ibu” setengah baya hehe...



3. Bulgogi (bahasa Korea:  api, dan 고기 daging) adalah masakan daging asal Korea. Daging yang digunakan antara lain daging sirloin atau bagian daging sapi yang bagus.
Bumbu bulgogi adalah campuran kecap asin dan gula ditambah bumbu lain bergantung pada resep dan daerahnya di Korea. Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus bulgogi bersama kimchi, bawang putih, atau penyedap lain sesuai selera.
Di Jepang, makanan yang sejenis disebut Yakiniku. Dibandingkan dengan Yakiniku, bumbu daging untuk bulgogi dibuat lebih manis. Air pada bumbu cukup banyak sehingga daging tidak dipanggang di atas plat besi (teppan), melainkan di atas panci datar
Kali ini kami disediakan 2 macam daging untuk Bulgogi ayam dan sapi.Untuk Daging ayam boleh nambah sesukanya tapi untuk daging sapi hanya sesuai porsi piring di meja masing”..Mungkin karena daging sapi di korea termasuk mahal dibandingkan daging” Non Halal lainnya.




Nach irisan tipis daging “ ini dicelupkan dalam  bumbu seperti kecap asin, minyak wijen,bawang putih,gula dan merica. Setelah daging di bumbui dengan aneka bumbu tadi kemudian dibakar diatas pemanggang  di atas api terbuka.Menggunakan panci besi yang panas.Setelah matang daging itu dimasukkan dalam lembaran sayur slada Hijau digulung dan siap untuk di cocol dengan sambel cabe..hmmm sedapnyaaa.. 
4. KIMCHI
Nach makanan Korea yang satu ini pernah saya bahas disalah satu section Travelling Korea. Merupakan makanan khas Korea yang wajib tersedia di meja keluarga khususnya di Korea Selatan.

Saking terkenalnya kami sampai punya sectian destinasi khusus untuk belajar Bikin Kimchi ini.



Kimchi salah satu jenis sayuran asinan hasil fermentasi yang sudah dilumuri bumbu pedas, kecap, bawang putih,jahe dan bubuk cabai merah tentunya.
Kimchi dibuat dari beraneka ragam bahan sesuai dengan jenis kimchi dan selera orang yang membuatnya. Kimchi yang paling dikenal di luar Korea adalah baechu kimchi yang dibuat dari sawi putih (배추, baechu) dan lobak (, mu) dicampur bawang putih (마늘, maneul), cabai merah(빨간고추, ppalgangochu), daun bawang (, pa), cumi-cumi (오징어 ojingeo), tiram (, gul) ataumakanan laut lain, jahe (생강, saenggang), garam (소금, sogeum), dan gula (설탕, seoltang).
Di Korea dikenal lemari es khusus untuk kimchi. Sebagian besar orang Korea membuat kimchi dalam jumlah banyak sewaktu panen sawi putih di musim dingin sehingga perlu lemari es khusus untuk menyimpan persediaan kimchi selama setahun.Orang Korea sering mengucapkan "kimchi" sewaktu berfoto agar terlihat sedang tersenyum sebagai pengganti kata "cheese" yang sering diucapkan penutur bahasa Inggris.
Ada ratusan Kimchi yang diolah dengan menggunakan sayuran utama sawi putih (napa Cabbage) .
5. SEA FOOD KOREA
Saat kami mengunnjungi Seopjikoji Jeju Do yang berada di tepi pantai.Maka disini terdapat beragam jenis masakan sea Food yang banyak dijumpai di tepi pantai.Warung” kaki lima yang berada di samping parkirkan menjual beragam jenis sea food olahan dari laut.Terlihat dari Cumi” /sotong besar” yang di belah lebar kemudian dibakar, kerang” rebus, Ikan bakar dll.





Menu sea food jelas saja Halal tetapi kami tidak berani mencobanya karena melihat ukuran” sea food yang besar”.Takut gak kuat ngabisinnya...
5,JAJANAN PASAR KOREA
Beberapa Jajanan pasar ini bisa dicoba sewaktu4 kami berada di Jeju island dan juga berada di Seoul.

Harus sering bertanya ke Danish makanan kecil ini terbuat dari bahan apa.
Beberapa yang sempat kami coba Halal seperti Susu pisang, Jagung rebus rasa Ketan, Jeruk Jeju.Coklat


SUSU PISANG:Minuman susu pisang ini dikemas dalam botolan kecil dengan variasi rasa susu seperti rasa coklat ,rasa vanilla dan rasa strawberry...Diminum dalam keadaan dingin,segar dan uenak...Kalo Ke korea kudu wajib mencoba Susu Pisang ini...Sayang sekali tidak tahan lama” karena tanpa pengawet jadi cepat basi..

Hweori Gamja (Tornado Potato) keripik kentang tusuk yang berbentuk spiral panjang.yang digulung seperti angin tornado..


Odeng (Eomuk) semacam fish cake dimana ikan dihaluskan dicampur tepung dan bumbu” kemudia, dibentuk dan ditusuk dan direbus dalam air kaldu.

Hot Bar. Seperti Odeng tapi ditusuk dan digoreng.Hati” makan Hot bar ini karena banyak di kaki lima yang dari daging babi (sosisnya)...awas.. harus tanya TLnya yaaa..


Songpyeon, jenis kue beras  yang dibentuk seperti bulat bulat  dan dikukus. Ada yang berisi ada yang tidak. Isinya macam-macam, ada kacang merah, kacang kedelai, wijen, chestnut.



Makanan chinese chesnut atau buah berangan 

Kue Mochi 

Jeruk Jeju

Nach sisanya culinaire Korea mencicipi Chinese Food, atau Ayam/Sapi Panggang yang halal.
Hal utama ke Korea harus cerewet menanyakan bahan” masakan yang kita makan disini karena mereka sangat banyak menggunakan bahan” Non Halal.Jadi hati hati yaaa...
mecikoblogspot
mecikoblogspot


Ternyata lidah Padang cocok juga dengan Menu Culinaire Korea...sampai sampai pulang dari Korea Muka Bullat seperti Oshin ...xixi...puasssss..

Meciko




Tidak ada komentar:

Posting Komentar